Cara Efektif Menstimulasi Bayi Agar Cepat Bicara

27 August 2019 Cara Efektif Menstimulasi Bayi Agar Cepat Bicara


Hai moms ,

Tahukah bahwa bayi sudah bisa berkomunikasi sejak ia dilahirkan yaitu dengan cara menangis. Di usia 6 bulan ke atas, bayi mulai belajar memaknai kata-kata yang diucapkan oleh orang-orang disekitarnya.

Bayi mengerti apa yang moms bicarakan meskipun ia belum tahu bagaimana cara membalasnya. Butuh proses panjang untuk bayi sampai pada tahap lancar berbicara.

Tentu saja peran orangtua sangat penting pada proses ini. Moms bisa memulainya dengan cara-cara sederhana seperti berikut ini :

1. Sering-seringlah mengajak bayi berbicara karena sel-sel syaraf otaknya menyimpannya dalam memori. Dengan mengajak bayi mengobrol juga akan menambah banyak kosakata untuk nya.

2. Pahami ekspresi dan bahasa tubuh bayi lalu cobalah menjawabnya dengan ucapan.

3. Ucapkan kosakata yang mudah dipahami secara berulang-ulang hingga si kecil semakin paham dan akrab dengan kata-kata yang sering di dengar dalam keseharian si kecil. Misalnya susu, bobo, mamam, pipis dan banyak lagi.

4. Bacakanlah buku cerita untuk si kecil, terlebih lagi jika moms menggunakan buku cerita bergambar, bayi akan semakin mudah memaknai kata yang bunda ucap sambil menunjukkan gambar.

5. Bernyanyi dan mendengarkan musik bersama merupakan salah satu metode belajar yang paling efektif dan disukai oleh bayi. Karena pada saat moms bernyanyi, bayi merekam proses bagaimana kata-kata tersebut diucapkan melalui gerakan mulut. Perlahan ia akan ikut mencobanya hingga mengikuti satu atau dua kata yg moms ucapkan.

6. Ajaklah si kecil bermain dan manfaatkanlah untuk berkomunikasi dengan anak semaksimal mungkin.

7. Hindarkan pemberian gadget untuk bayi dan jangan menonton TV terlalu sering. Karena jika si kecil terlalu sering bermain gadget dapat membuatnya menjadi pasif dan malas berkomunikasi.

8. Ajaklah bayi bersosialisasi, misalnya saat kumpul bersama keluarga atau tetangga ikut sertakan si kecil untuk bermain dengan teman-teman sebayanya.

Sumber : Hamil.co.id & Popmama.com