Mengenal Golden Age atau Masa Keemasan Tumbuh Kembang Anak

1 August 2019 Mengenal Golden Age atau Masa Keemasan Tumbuh Kembang Anak



Setiap orangtua tentunya ingin agar anak-anak mereka tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Karena itu setiap orangtua wajib memperhatikan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan hingga anak dewasa. Tahap perkembangan anak pada usia 0-5 tahun adalah fase penting, atau fase emas yang dikenal dengan istilah GOLDEN AGE.

Golden Age adalah masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak, karena pada masa ini otak anak berkembang pesat dan kritis. Fase Periode emas penting bagi anak dan tidak dapat diulang kembali. Masa ini merupakan masa yang menjadi basis, landasan, dan fondasi berbagai aspek perkembangan.

Pada usia ini anak memiliki kemampuan untuk menyerap informasi 100%. Sehingga segala bentuk informasi yang diterima anak pada usia ini akan mempunyai dampak yang besar di kemudian hari. Yaitu menjadi dasar terbentuknya karakter, kepribadian serta Kemampuan motorik & kognitif nya.

Sesungguhnya tidak hanya masa balita saja yang penting  bagi kehidupan manusia. Semua masa adalah penting. Akan tetapi, pengalaman-pengalaman pertama yang biasanya terjadi pada masa balita itu akan terekam kuat di alam bawah sadar mereka. Pengalaman itulah yang akan menjadi dasar seorang anak untuk bersikap di kemudian hari.


Hal ini disebabkan karena sirkuit emosi manusia terbentuk sejak bayi. Bahkan sejak anak berusia 2 bulan. Untuk mengoptimalkan perkembangan anak di masa emasnya, mereka membutuhkan banyak stimulasi yang berasal dari lingkungannya, terutama dari orang tua.

Ada beberapa tahapan untuk mengoptimalkan perkembangan masa emas pada anak lebih optimal yaitu :

  1. Stimulus (Rangsangan)

Bentuk stimulasi yang paling efektif dilakukan adalah melalui pola asuh terhadap anak. Hal ini sangat berpengaruh pada emosi, pola pikir, serta kepribadian anak. Beberapa Stimulasi Yang Dapat Dilakukan Oleh Orangtua Diantaranya Adalah :

  • Stimulasi gerakan  dan sentuhan.
  • Mengajak anak berbicara juga dapat memberikan stimulasi agar mereka jadi cepat berkomunikasi melalui kata-kata.
  • Memberikan mainan ataupun bacaan yang bermanfaat bagi perkembangan si anak sesuai dengan usianya.
  • Memberikan perhatian pada anak dengan optimal.
  • Memberikan pujian pada anak.
  • Menciptakan suasana tenang dilingkungan sekitar anak.
  • Mendampingi & mengarahkan agar si anak tidak salah dalam bersikap, Karena Anak di usia golden age ini sangat kritis terhadap apa yang dilihat dan didengarnya.

Kedekatan orangtua dengan anak Juga akan memberikan rasa aman dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Karena rasa percaya diri akan mempengaruhi aspek perkembangan lainnya di kemudian hari.

  1. Nutrisi Atau Gizi Yang Cukup

Selain memberikan stimulus kepada anak, memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat juga membuat masa emas anak semakin optimal. Menurut para ahli, ASI eksklusif selama enam bulan pertama masa hidupnya merupakan nutrisi terbaik bagi anak, karena ASI mengandung gizi yang sangat lengkap bagi pertumbuhan anak.

Setelah melewati fase pemberian ASI, yaitu di atas dua tahun, orang tua harus menjaga agar nutrisi anak terpenuhi. Caranya adalah dengan memberikan Gizi Seimbang yang Sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Apabila kedua faktor di atas dapat terpenuhi dengan baik, maka akan terciptalah anak yang cerdas serta mandiri.

Sumber : Tipshamil.web.id & Ibu Dan Balita