Cara Menciptakan Bonding Ibu Dan Bayi

14 September 2019 Cara Menciptakan Bonding Ibu Dan Bayi

Bonding atau ikatan yang kuat antara ibu dan bayi bisa menimbulkan kehangatan, kasih sayang, rasa bahagia, rasa aman, serta saling mencintai.

Bonding tentu saja harus dilakukan sejak awal, bahkan sebelum si bayi lahir. Berikut ini cara sederhana & efektif menciptakan ikatan yang kuat antara ibu dan buah hati.

1. Perhatikan diri saat mengetahui hamil, karena semua yang moms lakukan, pola makan, tingkat stres, dan kesehatan akan berpengaruh pada si calon bayi. Kehamilan merupakan masa yang paling awal untuk membangun hubungan dengan si kecil. Perhatikan dengan baik tendangan dan gerakan si bayi dan ajaklah ia bicara.

2. Menyentuh kulit bayi. Cara ini membantu merangsang perkembangan panca inderanya. Letakkan bayi di atas dada Anda sehingga terjadilah kontak skin to skin.

3. Menyusui semakin mempererat hubungan ibu dengan bayi. 

4. Beri perhatian besar dengan memperhatikan ekspresi wajah dan bahasa tubuhnya, sehingga moms semakin mengenal & memahami si kecil. Dengan memberikan perhatian dan kasih sayang, bayi akan belajar untuk percaya dan nyaman bersama ibunya.

5. Jadi sahabatnya luangkan waktu sebanyak mungkin dengannya. Jadilah sahabat terbaiknya, dengan melakukan lebih banyak kontak kulit dan kontak mata. Berikan ia ASI ketika lapar dan tenangkan ia saat menangis, bahkan jika moms tak mengerti keinginannya. Sikap moms yang selalu responsif akan membuat moms menjadi orang yang paling ia percaya.

7. Untuk membentuk bonding, tidurlah di dekatnya. Meski dalam ranjang yang terpisah, tidur satu kamar akan membuat bayi tetap dekat dan merasa aman.

8. Memijat bayi merupakan salah satu cara untuk menguatkan ikatan antara ibu dan bayi. Sentuhan lembut saat memijatnya juga akan membuat otot-ototnya rileks, melancarkan sirkulasi, dan mengurangi stres. Bayi yang sering dipijat juga tidur lebih nyenyak.

Jika bonding tersebut terus terjaga samapi si kecil bertumbuh besar dan dewasa, maka kelak orang tua dan anak akan memiliki hubungan persahabatan yang dekat dan erat.

Sumber : Kompas.com & Ayahbunda