PERLUKAH BAYI DIPIJAT ?

9 September 2019 PERLUKAH BAYI DIPIJAT ?

Perlukah bayi dipijat mungkin menjadi pertanyaan yang kerap terbersit di benak bunda, mengingat tubuh bayi masih sangat lembut dan sensitif.

Ternyata ada beragam manfaat yang bisa didapat dari memijat si kecil lho bunda, diantaranya adalah :

  • Membuat bayi lebih rileks dan sehat

  • Bayi tidur lebih nyenyak di malam hari dan tidak rewel

  • Mengurangi rasa sakit saat bayi tumbuh gigi

  • Meningkatkan nafsu makan

  • Menunjang kekuatan otot dan tulang

  • Mendukung perkembangan fisik, mental dan sosial buah hati Anda

Suatu studi bahkan menyebutkan bahwa memijat bayi efektif menyembuhkan penyakit kuning lebih cepat serta meminimalisir kolik.

Lalu, kapan waktu yang terbaik untuk memijat bayi ? beberapa ahli merekomendasikan agar orangtua sebaiknya menunggu 10 hari hingga dua minggu sebelum memijat bayi.

Hal ini disebabkan perkembangan kulit bayi yang belum sepenuhnya sempurna, sehingga dikhawatirkan membuat kulit bayi rentan kering atau bereaksi terhadap zat tertentu dari minyak atau losion yang Bunda gunakan untuk memijat bayi.

Menunggu selama beberapa hari sejak bayi dibawa pulang ke rumah memberikan kesempatan kulitnya untuk berkembang, di samping itu juga menjaga tali pusat bayi tidak kering dan terinfeksi yaitu selama 5-15 hari.

Pijatlah bayi saat tidak sedang lapar atau lelah. Memijat bayi beberapa saat sebelum tidur menjadi waktu terbaik, hal ini akan membantu bayi tidur lebih nyenyak.

Bunda sebaiknya juga menerapkan pijat dalam waktu yang sama setiap harinya, agar bayi perlahan terbiasa belajar dengan rutinitasnya setiap hari.

Sumber : The Asian Parent Indonesia