TIPS AGAR BAYI SUKSES MAKAN MPASI PERTAMANYA

20 January 2020 TIPS AGAR BAYI SUKSES MAKAN MPASI PERTAMANYA

Menginjak usia 6 bulan si kecil mulai makan makanan padat pertamanya. Moms tentu mendengar banyak tips dari mama lain yang anaknya sudah lebih dulu makan makanan padat. Meski demikian perlu disadari bahwa setiap bayi akan bereaksi berbeda terhadap makanan padat.

Berikut ini adalah hal-hal mengenai makanan padat yang perlu moms perhatikan ketika akan memberi MPASI untuk si kecil :

1. Tak perlu urutan rasa
Moms pasti pernah diberitahu bahwa sebaiknya si Kecil mulai makan makanan padat dengan rasa tawar. Situs babycenter mengatakan bahwa bayi telah memiliki referensi rasa yang dibawanya sejak lahir. Jadi, alasan memberikan makanan tawar terlebih dahulu, tidak ada dasarnya.

2. Dorong anak menjadi petualang rasa
Kebiasaan makan anak biasanya mengikuti selera orangtuanya, namun sebetulnya anak belum memiliki banyak referensi rasa jadi seharusnya anak mencoba semua makanan. Masalah ia suka atau tidak, terserah nanti yang penting ia harus mencoba semuanya dulu.

3. Tidak suka? Ulang lagi
Sangat mungkin si kecil menolak makanan tertentu karena ia tidak menyukainya. Beri ia kesempatan kedua mencobanya setelah jeda seminggu. Ia mungkin tetap tidak suka tetapi mungkin saja ia berubah pikiran dan menyukai makanan yang diberikan.

5. Waspada bahaya tersedak
Namanya baru belajar makan, si Kecil pasti juga belum punya keahlian makan yang baik. Ingatlah, bahwa otot dan giginya saja belum lengkap. Jadi, perhatikan makanan yang berpotensi membuat bayi tersedak seperti berpotongan besar, lengket dan menempel jika kena air liur (roti, selai kacang), makanan mentah atau makanan keras dan renyah.

6. Perhatikan konstipasi
Usus bayi perlu adaptasi dengan makanan padat. Selain ada beberapa bahan makanan yang membuat ia sembelit atau konstipasi, kemungkinan juga ia mengalaminya karena alergi.

7. Perhatikan tanda kenyang
Makan harus menjadi pengalaman yang menyenangkan. Si kecil juga harus punya kebiasaan makan yang baik, salah satunya adalah dengan tahu kapan ia kenyang dan perlu berhenti makan.

Sumber : Pop mama