TIPS MENGAJARKAN SI KECIL MAKAN SENDIRI SEJAK DINI

20 January 2020 TIPS MENGAJARKAN SI KECIL MAKAN SENDIRI SEJAK DINI

Mengajarkan anak makan sendiri memang gampang-gampang susah. Diperlukan kesabaran ekstra untuk menghadapinya. Moms tidak bisa mengharapkan si kecil makan cepat-cepat atau meninggalkan mereka makan sendirian. Bisa-bisa makanannya dan meja berantakan dan taplak kotor semua!”

Namun jika tidak sedini mungkin diajari, si kecil tak akan pernah bisa makan sendiri dan moms harus menjadi pelayannya terus-menerus.

Momen menyuapi jadi pengalaman tersendiri bagi para ibu karena tiap-tiap anak mempunyai gayanya sendiri. Anak yang aktif cenderung sulit untuk duduk tenang ketika disuapi, tapi bukan berarti tak ada cara untuk menyiasatinya lo moms.

Yuk simak tips mengajarkan si kecil makan sendiri sejak dini berikut ini :

1.Dampingi dan berinteraksilah saat si kecil makan. Jangan biarkan si kecil merasa tidak aman duduk di high chair, karena takut ditinggalkan oleh moms.

2.Mengajarkan si kecil makan sendiri bisa dimulai saat ia bisa memegang sesuatu (usia 8 hingga 10 bulan). Yaitu dengan memberikan makanan kering atau finger food yang bisa digenggamnya, misalnya, biscuit atau cracker.

3.Moms bisa melatih si kecil makan di meja makan dengan menggunakan high chair yakni saat menyuapi si kecil. Konsisten melakukan hal ini akan melatih kedisiplinan si kecil saat makan.

4.Supaya si kecil tidak merasa bosan ketika disuapi, mom bisa memberikan piring plastik, mangkuk, dan sendok yang bergambar lucu di atas mejanya untuk ia bermain. Hal ini berguna untuk melatih si kecil menggunakan peralatan makan nya sendiri lo moms. Sebaiknya jangan diberikan gadget ya moms karena secara tidak langsung hal tsb melatih kebiasaan yang kurang baik saat si kecil makan.

5.Saat ia sudah bisa memegang peralatan makan dengan benar, terutama pada saat ia berusia 1-3 tahun, biarkan si kecil belajar makan sendiri. Berikan peralatan makan sesuai ukuran mereka, sehingga si kecil bisa dengan mudah memegangnya dan ukurannya pun sesuai mulutnya. Hal ini sekaligus melatih motorik tangan mereka.

6.Lakukanlah kebiasaan makan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya. Dengan begitu, si kecil melihat bahwa semua orang di sekitarnya melakukan aktivitas yang sama dengannya dan bisa mengurungkan niatnya untuk melakukan aktivitas lain.