PENTINGNYA TIDUR UNTUK PERKEMBANGAN BAYI

27 June 2020 PENTINGNYA TIDUR UNTUK PERKEMBANGAN BAYI

Tahukah bahwa bayi & anak membutuhkan waktu tidur yang lebih panjang dari orang dewasa. Hal ini diperlukan guna mendukung perkembangan fisik dan mental mereka.

Dalam dunia bayi dan anak-anak, tidur adalah kegiatan yang sama pentingnya dengan makan, minum, rasa aman, atau bermain. Si Kecil butuh tidur agar tubuhnya beristirahat, segar dan mendapatkan energi baru.

Menurut para peneliti pada waktu tidur, otak kita menyaring dan menyimpan informasi, mengganti bahan kimia, dan memecahkan masalah.

Jika bayi kurang tidur, dampaknya tidak hanya menangis, tetapi juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh, hingga mengakibatkan si kecil rentan sakit dan memiliki konsentrasi yang lebih pendek.

Hasil penelitian bidang psikiatri terhadap anak usia prasekolah meyakini bahwa kurang tidur dari 9 jam per malam membuat mereka lebih mungkin menunjukkan sikap impulsif, marah-marah, dan tantrum (ledakan emosi atau rasa frustrasi yang disertai dengan ketakutan atau kecemasan), daripada mereka yang cukup tidur di malam hari.

Waktu tidur yang cukup juga memainkan peran penting terhadap perkembangan kognitif buah hati, yaitu kemampuan untuk berpikir dan memahami, mengolah informasi, belajar bahasa, dan lain sebagainya.

Tidur dengan nyenyak tidak hanya bagus untuk perkembangan buah hati, tetapi juga untuk kesejahteraan orang tua. Bayi atau anak yang tidur dengan pulas juga dapat membuat orang tua merasa lebih bahagia, tentram, dan tidur tanpa rasa cemas.

Sumber Alodokter.