Barang yang Wajib Disiapkan oleh Ibu Hamil

5 August 2021

(sumber: https://www.freepik.com/free-photo/closeup-shot-pregnant-woman-holding-baby-shoes_8943717.htm#page=6&query=pregnant+woman&position=0)

Bagi ibu hamil, terutama untuk yang baru pertama kali hamil, kerap bingung memilih dan menyiapkan barang yang dibutuhkan. Akhirnya, Anda membeli semua barang yang berkaitan dengan kehamilan dan kelahiran anak.

Kalau akhirnya hanya beberapa barang saja yang Anda pergunakan, bukankah sayang sudah keluar dana yang cukup besar?

Karena itu, untuk meminimalisir membeli barang yang belum/tidak Anda perlukan, coba cek dulu daftar yang kami buat berikut.

  1. Obat, Suplemen dan Vitamin yang Anda Butuhkan

Ketika Anda hamil, Anda butuh nutrisi yang lebih banyak daripada orang lain yang tidak hamil. Karena itu, Anda perlu obat, suplemen atau vitamin yang mampu menunjang kesehatan Anda.

Untuk jenis suplemen, vitamin atau obat, tergantung dari kondisi Anda dan resep dari dokter. Suplemen tersebut harus ada di tas yang Anda bawa kemana pun. Dengan begitu, ketika kondisi tubuh butuh asupan, Anda bisa langsung siap sedia.

  1. Siapkan Dokumen Penting dan Identitas Diri

Tidak sedikit masyarakat yang fokus menyiapkan barang seperti baju tapi terkadang lupa menyiapkan dokumen penting. Misalnya:

  • Kartu identitas diri.

  • Kartu asuransi.

  • Dokumen pemeriksaan rutin selama kehamilan.

Dokumen penting tersebut akan membantu Anda terutama di saat terdesak. Misalnya, ketika butuh transfusi darah atau untuk penanganan lanjutan ketika persalinan berlangsung.

Di sisi lain, dokumen penting seperti kartu asuransi akan membantu Anda untuk proses klaim atau mendapatkan kamar. Dengan begitu, Moms & Dads bisa melewati masa persalinan dengan lebih tenang.

  1. Baju Ganti Setidaknya untuk 3 Hari

Salah satu barang yang wajib Anda bawa adalah baju ganti dan pakaian dalam setidaknya untuk 3 hari. Pilih baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan busui friendly atau bukaan depan ya.

Karena hal itu, Anda akan merasa lebih nyaman terutama saat sedang menyusui sang buah hati.

  1. Kain, Sarung atau Rok Lebar

Sebelum proses persalinan, Anda perlu menyiapkan sarung atau kain atau rok lebar. Fungsinya adalah untuk mempermudah pergerakan Anda menjelang persalinan terutama ketika air ketuban pecah.

Jika Anda memilih menggunakan rok, pilih rok yang memudahkan Anda untuk menggunakan dan melepaskannya.

  1. Perlengkapan dan Peralatan Mandi

Tidak sedikit rumah sakit yang menyediakan peralatan mandi untuk pasien melahirkan. Sayangnya, tidak semua nyaman dengan fasilitas tersebut dan mungkin Moms & Dads salah satunya.

Alasannya? Bisa saja karena Anda merasa lebih aman dan nyaman dengan perlengkapan dan peralatan Anda sendiri. Di satu sisi bisa saja Anda tidak menemukan perlengkapan yang Anda butuhkan di layanan rumah sakit.

  1. Sediakan Popok/Pembalut dan Korset 

Menjelang dan setelah melahirkan, Anda butuh popok atau pembalut untuk menampung darah nifas. Pilih jenis pembalut yang memiliki daya serap tinggi dan ganti per 1-2 jam sekali. Dengan begitu, Anda akan merasa nyaman.

Selain itu, Anda bisa kok membawa korset atau stagen. Benda tersebut bisa dipergunakan untuk membantu memulihkan area pinggang dan perut.

Jadi, postur tubuh Anda akan kembali membaik dan rasa sakit berkurang.

  1. Perlengkapan Bayi Minimal untuk 3 Hari

Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan bayi seperti baju setidaknya untuk 3 hari. Pilih perlengkapan yang mampu menghangatkan tubuh bayi. Misalnya, penutup kepala, selimut dan kaus kaki.

Dengan begitu, bayi Moms & Dads akan merasa hangat dan nyaman.

Selain barang di atas, jangan lupa untuk membawa uang tunai ya. Dengan begitu, ketika Anda perlu membayar atau membeli barang yang penting, Anda tak perlu mencari ATM atau menginstal aplikasi banking.

Sumber:

https://mamaschoice.id/article/daftar-barang-yang-wajib-dibawa-untuk-persiapan-persalinan/

https://www.halodoc.com/artikel/10-daftar-barang-yang-ada-dalam-tas-persiapan-melahirkan

https://www.orami.co.id/magazine/daftar-barang-persiapan-persalinan/

https://www.sehatq.com/artikel/perlengkapan-kehamilan-yang-harus-disiapkan

https://id.theasianparent.com/perlengkapan-melahirkan-yang-harus-dibawa-ke-rs

https://www.haibunda.com/kehamilan/20200629160647-49-148871/11-daftar-barang-yang-harus-dibawa-untuk-persiapan-melahirkan