Daftar Perlengkapan yang Harus Dibawa Ibu Hamil ke Rumah Sakit

14 August 2021

(sumber: https://pixabay.com/photos/feet-baby-birth-child-blanket-718146/)

Fase hamil menjadi salah satu fase paling krusial dan perlu diperhatikan. Kenapa? Karena Anda bisa saja harus mendadak ke rumah sakit, misalnya karena ketuban pecah.

Agar Anda tidak kelimpungan saat di rumah sakit, misalnya karena butuh baju ganti, Anda perlu mempersiapkan perlengkapan. Perlengkapan apa saja? Setidaknya ada 4 perlengkapan berikut yang harus Anda siapkan sehingga bisa Anda bawa ke rumah sakit kapan saja.

  1. Set Pakaian Ganti Minimal untuk 3 Hari

Perlengkapan pertama adalah set pakaian ganti minimal untuk 3 hari. Jangan lupa untuk membawa pakaian dalam seperti bra yang mempermudah Anda untuk memberikan ASI dan celana dalam.

Untuk pakaian, pilih jenis pakaian yang longgar, mudah Anda kenakan dan lepas, mudah menyerap keringat dan bukaan depan.

Bawa juga sarung atau kain atau rok lebar yang mempermudah Anda untuk bergerak. Sarung atau kain ini akan membantu Anda saat persalinan terutama ketika ketuban sudah pecah.

Dengan begitu, proses persalinan Anda di rumah sakit akan bisa berjalan dengan lebih lancar.

  1. Tambahkan Bra Pads dan Bantal Menyusui

Biasanya, menjelang atau sesudah melakukan persalinan, ASI akan keluar. Hal tersebut mungkin akan membuat Anda kurang nyaman, apalagi jika ada tamu. Rasanya tidak enak atau malu ketika ada tamu yang menjenguk.

Untuk mengatasi itu, Anda bisa menggunakan breast pad. Penggunaan breast pad akan membantu Anda agar ASI tidak merembes dan membasahi baju.

Di sisi lain, cara penggunaan yang mudah akan membantu Anda mempersingkat waktu terutama saat menyusui.

Selain itu, Anda juga bisa membawa bantal untuk menyusui. Bantal ini akan mempermudah Anda saat menyusui. Di sisi lain, dengan menggunakan bantal tersebut, akan membantu agar tangan tidak kram dan pegal.

  1. Perlengkapan untuk Bayi Baru Lahir

Jangan lupa untuk memasukkan pakaian untuk bayi Anda yang baru lahir. Anda bisa memasukkan beberapa set pakaian bayi setidaknya untuk 3 hari.

Bawa jenis pakaian yang bisa menghangatkan tubuh bayi. Misalnya selimut, baju, sarung tangan dan kaos kaki, penutup kepala.

Kenapa perlu pakaian hangat? Selain untuk menghangatkan tubuh bayi, pakaian hangat akan membantu bayi beradaptasi antara rahim dan suhu sekitarnya.

Jadi, pastikan Anda sudah memasukkan pakaian hangat untuk bayi yang baru lahir ya.

  1. Perlengkapan Pasca Melahirkan, Mandi dan Make Up

Setelah Anda melahirkan, Anda akan butuh perlengkapan seperti pembalut untuk nifas. Selain itu, Anda mungkin juga butuh gurita atau korset atau stagen untuk membantu memperbaiki postur tubuh. Bawa seperlunya saja apalagi jika rumah sakit tidak menyiapkan pembalut untuk Anda.

Di sisi lain, Anda sebaiknya butuh perlengkapan mandi dan make up. Peralatan mandi akan membuat Anda tetap bersih sedangkan make up membantu menyamarkan wajah pucat atau kelelahan. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat lebih segar dan bersinar.

Ingat ya, pastikan perlengkapan di atas dan dokumen resmi seperti kartu identitas, Anda jadikan satu di tas khusus. Jadi, ketika Anda harus segera ke rumah sakit, Anda bisa langsung membawa tas tersebut dan sebisa mungkin tetap tenang.