Moms, Begini Caranya Mengajarkan Anak Berjalan Tanpa Harus Memaksa

29 August 2021

Melihat si kecil dapat berjalan sendiri adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh para orang tua. Namun, perlu moms ketahui bahwa tiap-tiap anak akan memiliki waktu yang berbeda-beda ketika ia pada akhirnya bisa berjalan sendiri. 

Tidak perlu kuatir, karena moms dapat menstimulasi si kecil agar cepat dapat berjalan sendiri. Stimulasi yang moms berikan dapat mendorong si kecil untuk berjalan sendiri tanpa paksaan. 

Apa saja stimulasi yang dapat moms berikan? Simak ulasan lengkapnya di sini ya

Stimulasi Untuk Mengajarkan Anak Berjalan Tanpa Paksaan

Membantu dan mendorong anak demi tumbuh kembangnya dapat senantiasa moms lakukan dengan cara yang aman dan sesuai usia si kecil. Hindari memberi stimulasi berlebihan demi kebaikan si kecil, termasuk ketika moms ingin agar ia cepat dapat berjalan sendiri.

Berikut beberapa stimulasi yang dapat moms lakukan dalam melatih anak jalan sendiri tanpa paksaan:

  1. Belajar Cara Menekuk Lutut

Ketika si kecil sudah mulai kuat berdiri sendiri, ia masih merasa kesulitan untuk menekuk lututnya. Jadi, seringkali kita lihat bahwa ia akan jatuh terduduk. Moms dapat menunjukkan kepada si kecil cara menekuk lututnya agar ia dapat duduk dan berdiri kembali agar ia dapat meniru gerakan tersebut.

  1. Sesekali Biarkan si Kecil Bertelanjang kaki

Ketika bayi belajar berjalan, biarkan ia sesekali melakukannya tanpa alas kaki di atas permukaan yang halus, kasar atau dingin. Cara ini dapat membantunya dalam melatih koordinasi serta keseimbangan tubuhnya. 

Pastikan bahwa area yang akan moms gunakan bersih dan tidak berbahaya karena adanya binatang atau benda tajam.

  1. Taruh Mainan Favoritnya di Tempat Lebih Tinggi

https://unsplash.com/photos/PMxoh8zJNb0

Tujuan dari hal ini adalah agar si kecil berusaha meraih mainan kesayangannya sambil bertumpu pada kakinya. Hal ini membantunya memperkuat otot-otot kaki untuk menopang tubuhnya. Moms juga dapat melakukannya untuk makanan favoritnya.

  1. Gunakan Alunan Musik

Bayi sangat suka dengan music, oleh sebab itu moms dapat menggunakan music untuk memicu si kecil dalam proses belajar berjalan. Anak akan cenderung bergerak dan bergoyang mengikuti irama musik. Hal ini bagus untuk menguatkan otot kakinya juga.

  1. Berlatih Mendorong Mainan atau kursi

https://pixabay.com/photos/toddler-baby-toys-play-date-5202188/

Ketika si kecil sudah mulai lancar melangkah, moms dapat menstimulasinya dengan memberikan mainan untuk didorong-dorong. Pastikan bahwa mainan aman, tidak berat dan si kecil selalu dalam pengawasan ya moms. 

Tempat yang dipilih sebaiknya lapang, rata dan tidak terdapat benda-benda berbahaya di sekitarnya. Moms juga dapat menggunakan bangku yang ringan sebagai pengganti mainan.

Semoga informasi mengenai cara melatih anak berjalan sendiri di atas dapat bermanfaat bagi moms. Jangan lupa kunjungi www.lumba.id untuk info menarik lainnya tentang parenting.