Tips Membersihkan Mainan Anak Agar Efektif Membunuh Kuman dan Bakteri

18 August 2021

 

https://pixabay.com/photos/kid-toys-play-preschool-childhood-5020226/

 

Mainan anak biasanya menjadi barang yang paling mereka sayangi. Sebagian anak malah memegang, memeluk dan memainkan mainan favorit mereka sepanjang hari. Pastinya si kecil akan melempar, menyeret, menggigit, atau sekedar memeluk mainannya. 

Semuanya itu menyebabkan mainan tersebut kotor dan berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri.

Kuman dan bakteri tersebut sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai penyakit. Untuk itu, Bunda wajib tahu tips membersihkan mainan di bawah ini agar mainan si kecil tetap bersih dan bebas dari kuman.

Tips Membersihkan Mainan Anak

Dengan kondisi pandemic Covid 19 ini, Bunda tidak hanya wajib membersihkan mainan si kecil, tetapi juga harus mendisinfeksinya secara berkala untuk membunuh kuman, virus dan bakteri.

Membersihkan mainan berbari mengangkat atau menghilangkan kotoran, kuman, debu yang menempel pada mainan dengan menggunakan air dan sabun. Sedangkan mendisinfeksi mainan artinya membunuh bakteri dan kuman dengan bahan kimia khusus (desinfektan)

Berikut tips membersihkan mainan anak:

  1. Mainan Dari Plastik

https://pixabay.com/photos/building-blocks-lego-construction-674828/

Cuci mainan dengan air hangat dan sabun cuci piring. Keringkan

  1. Boneka

https://pixabay.com/photos/soft-toys-stuffed-animals-teddy-bear-3158361/

Baca petunjuk cara mencuci produk yang ada di mainan tersebut. Sebagian mainan boneka tidak dapat dibersihkan di mesin cuci, jadi Bunda harus mencucinya dengan tangan.

Jika menggunakan mesin cuci, masukkan mainan ke dalam sarung bantal atau jaring cuci agar boneka tidak cepat rusak. Pilih jenis putaran yang paling lembut di mesin cuci (gentle) menggunakan deterjen khusus bayi.

  1. Mainan Untuk Mandi (Bath Toys)

https://pixabay.com/photos/animal-animals-bath-colorful-cute-89206/

Cuci mainan setiap kali selesai digunakan dengan air hangat dan sabun, tiriskan dengan jaring.

Perhatikan lubang kecil di bagian bawah mainan, usahakan untuk mengeluarkan semua air agar tidak terbentuk lumut dan jamur. Jika Bunda melihat jamur di bagian dalam mainan, sebaiknya buang mainan dan beli yang baru.

  1. Mainan Dari Silikon

Buat campuran air dan cuka dengan perbandingan 1:1, celupkan kain dalam larutan dan bersihkan mainan dengan mengelapnya. Bilas dengan air bersih.

  1. Mainan Dari Kayu

Bersihkan debu yang menempel dengan sikat, lap mainan dengan larutan cuka dan air. Biarkan kering.

  1. Mainan Elektronik

Keluarkan semua baterai, bersihkan bagian luar mainan dengan larutan cuka atau tisu basah. Bilas bagian permukaan dengan kain yang sudah dibasahi, keringkan dengan kain bersih. Pastikan tidak ada cairan yang masuk ke komponen elektrik mainan. 

Seberapa Sering Mainan Harus DIbersihkan?

Untuk menjawab seberapa sering Bunda harus membersihkan mainan anak, maka jawabannya tergantung pada seberapa sering mainan tersebut digunakan oleh si kecil.

Tabel berikut dapat Bunda jadikan acuan perkiraan untuk membersihkan mainan si kecil, berdasarkan jenisnya:

Jenis Mainan

Perkiraan Waktu Membersihkan

Mainan dari plastik

Seminggu sekali

Mainan untuk mandi (bath toys)

Setiap kali selesai digunakan

Boneka kain

Seminggu sekali

Mainan Bayi

Setiap hari atau minimal 2 hari sekali

Mainan Elektronik

Seminggu sekali

Perlu Bunda ketahui bahwa tabel di atas

Perlu Bunda ketahui bahwa tabel di atas hanya contoh perkiraan saja, pastikan bahwa Bunda selalu mengecek apakah mainan si kecil sudah harus dibersihkan atau belum.

Semoga informasi mengenai tips membersihkan mainan anak di atas dapat bermanfaat untuk Bunda. Kunjungi www.lumba.id untuk update info terbaru tentang parenting.