6 Bahan Makanan yang Bisa Menambah Kecerdasan Anak

17 September 2021

 

https://www.pexels.com/photo/clever-schoolgirl-doing-homework-in-notebook-while-having-online-lesson-5905710/

Masa kanak-kanak adalah masa penting pertumbuhan mereka, baik pertumbuhan secara fisik, emosi maupun pertumbuhan otak dan kecerdasan mereka. Itulah sebabnya mengapa Bunda harus selalu menyiapkan menu makanan bergizi untuk si kecil Bunda.

Ketika kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi, maka tumbuh kembangnya pun akan maksimal, termasuk pertumbuhan kecerdasannya. Tahukah Bunda beberapa jenis makanan dapat membantu pertumbuhan kecerdasan si kecil?  

Simak informasi mengenai bahan makanan yang dapat mempengaruhi kecerdasan otak si kecil di bawah ini.

 

Bahan Makanan Yang Berpotensi Menambah Kecerdasan Anak

Berikut beberapa jenis bahan makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk kecerdasan Anda:

  1. Telur

https://pixabay.com/photos/eggs-chicken-eggs-raw-eggs-1510449/

Makanan sehat yang satu ini selain merupakan sumber nutrisi bagi si kecil, juga merupakan makanan yang menjadi favorit mereka. Nutrisi yang terkandung dalam telur antara lain vitamin B12, protein, selenium dan choline.

National Institutes of Health di Amerika menyimpulkan bahwa dua butir ayam mengandung choline sebanyak 294 gram. Jumlah ini mencukupi 100% kebutuhan choline pada anak usia 1-8 tahun. Sedangkan untuk anak usia 9-13 tahun jumlah tersebut memenuhi 75% kebutuhan choline harian mereka.

  1. Sayuran Hijau

Menawarkan sayuran hijau seperti bayam, selada, sawi atau kol kepada si kecil merupakan tantangan tersendiri bagi para Bunda. Sayuran hijau ini banyak mengandung antioksidan, asam folat, karoten serta vitamin E dan K. Jadi, Bunda harus pintar-pintar mengolahnya agar si kecil mau mengkonsumsinya.

  1. Ikan dan Produk Laut

https://pixabay.com/photos/seafood-food-healthy-sea-fresh-165220/

Ikan dan produk laut yang lain seperti udang, cumi, kerrang dan lainnya merupakan sumber nutrisi terbaik untuk pertumbuhan otak. Kandungan protein, seng, yodium dan omega 3 dalam ikan dan produk laut sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil.

Namun, sebelum Bunda memasukkan nutrisi sehat ini ke dalam menu si kecil, pastikan bahwa buah hati Bunda tidak memiliki alergi terhadap seafood. Pstikan juga untuk membeli ikan dan seafood terbaik yang tidak mengandung merkuri demi kebaikan si kecil. 

  1. Bahan Makanan yang Kaya Akan Zat Besi

Zat besi sangat penting bagi tubuh. Kekurangan zat besi berdampak buruk pada perkembangan kognitif dan kinerja akademik si kecil. Anak usia di bawah 7 tahun rentan mengalami kekurangan zat besi. Untuk itu, bunda harus memperhatikan nutrisi si kecil dengan sungguh-sungguh.

Bahan makanan seperti daging, ayam, tahu, brokoli dan bayam dapat Bunda pilih karena mengandung zat besi yang tinggi.

  1. Kacang-kacangan

https://pixabay.com/photos/nuts-almonds-seeds-food-batch-3248743/

Jenis kacang-kacangan juga merupakan makanan yang memiliki nutrisi terbaik untuk perkembangan kecerdasan anak. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya meliputi protein, lemak, folat, vitamin dan mineral yang semuanya dibutuhkan oleh tubuh, terutama pada masa pertumbuhan. 

  1. Yoghurt

https://pixabay.com/illustrations/yogurt-eat-dessert-delicious-sweet-4080484/

Selain susu, produk olahannya yang berupa yoghurt juga merupakan sumber nutrisi baik untuk kecerdasan anak. Yoghurt mengandung selenium, protein, seng dan vitamin B12. Yoghurt juga merupakan sumber yodium. Nutrisi ini penting dan  dibutuhkan tubuh untuk fungsi kognitif dan perkembangan otak. 

Memberikan makanan dengan gizi seimbang dan nutrisi terbaik sangat penting untuk tumbuh kembang anak, termasuk pertumbuhan kecerdasan mereka. Untuk itu Bunda wajib untuk memasukkan bahan makanan di atas untuk membantu perkembangan dan fungsi otak si kecil.

Jangan lupa kunjungi www.lumba.id untuk info terbaru mengenai tips parenting ya Bunda