Bahaya Menitah Anak Bayi Ketika Belajar Berjalan

4 September 2021

 

https://pixabay.com/photos/people-kid-girl-baby-child-man-2603224/ 

Salah satu momen tumbuh kembang seorang anak yang paling Bunda nantikan adalah ketika ia mulai bisa berjalan. Umumnya, kita akan menitah bayi yang sedang belajar berjalan untuk membantunya dapat berjalan sendiri. Namun, tahukah Bunda bahwa menitah bayi sebelum waktunya dapat membahayakan si kecil Bunda? 

Simak informasinya di sini ya

Bahaya Menitah Bayi Ketika Belajar Berjalan

Menitah adalah cara paling umum yang digunakan oleh masyarakat untuk membantu di kecil yang mulai belajar berjalan. Menitah dilakukan dengan memegang tangan bayi sementara ia mulai melangkah perlahan. 

Jika Bunda tidak melakukan cara titah bayi yang benar, maka hal ini berbahaya buat si kecil. Apa saja bahaya menitah bayi sebelum waktunya?

1. Mengganggu Struktur Kaki Bayi

https://unsplash.com/photos/hitzaT1nBTs

Seringkali ketika bayi belum siap untuk berjalan sendiri orang tua memberi sedikit paksaan agar ia mau belajar berjalan. Hal tersebut dapat berakibat buruk pada struktur kaki si kecil. 

Biasanya orang tua akan mendorong si kecil belajar berjalan dengan alat bantu bayi berjalan seperti baby walker. Akibat buruk yang timbul dari kegiatan ini adalah struktur kaki anak. Penyebabnya adalah karena kondisi kaki dan lutut yang belum siap untuk menumpu berat badan anak. Sementara tulang-tulangnya masih dalam masa pertumbuhan. 

Tekanan tersebut akan membuat kaki mengganggu pertumbuhan struktur tulang kakinya. Selain itu, penggunaan baby stroller berpotensi menyebabkan otot-otot kaki bagian atas tidak terlatih sehingga tidak berkembang sesuai waktunya.

 2. Kesimbangan Terganggu

Salah satu cara bagi kita untuk menyeimbangkan diri ketika berjalan adalah dengan menggunakan kedua lengan kita. Perhatikan ketika kita harus meniti jalanan yang kecil, secara natural kita akan merentangkan tangan kita agar dapat berjalan dengan seimbang.

Umumnya, kita menitah bayi dengan cara memegang kedua tangan si kecil ke atas. Hal ini tentu membuat si kecil kesulitan untuk belajar menyeimbangkan diri. Ia tidak akan dapat merentangkan tangan sebagai reaksi natural tubuh dalam menyeimbangkan diri.

Kondisi ini membuat si kecil tidak terlatih atau terbiasa untuk belajar menyeimbangkan dirinya. Itulah sebabnya menitah sebelum waktunya dapat mengganggu keseimbangan si kecil. 

3. Cedera

Salah satu ciri bayi yang siap untuk belajar berjalan adalah berjinjit ketika berdiri atau dititah. Kondisi ini tidak ideal untuk mengajar si kecil berjalan karena ia akan mudah jatuh dan berpotensi mengalami cedera. 

Tunggu sampai si kecil bisa dan mampu berdiri sendiri tanpa bantuan baru Bunda mulai dapat menstimulasinya untuk berjalan sendiri. Pastikan bahwa Bunda memilih untuk menggunakan alat bantu berjalan untuk bayi yang tepat. 

Jadi, ada baiknya Bunda harus memperhatikan kesiapan si kecil ketika ingin membantunya untuk belajar berjalan sendiri. Lebih baik biarkan si kecil merambat dan belajar berjalan secara mandiri. Kunjungi www.lumba.id untuk informasi parenting lainnya ya!