3 Gaya Belajar Anak yang Harus Moms Ketahui

16 October 2021

Sumber : https://unsplash.com/photos/jfnUC7s3iuw 

Apakah Moms & Dads sedang bingung menghadapi anak anak yang mengalami kesulitan belajar? Apakah gaya belajar anak yang diterapkan sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan si kecil? 

Salah satu alasan mengapa anak anak kesulitan dalam menerima pelajaran ialah metode belajar yang tidak tepat. Dengan gaya belajar yang tidak nyaman, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Bukan karena malas, namun karena gaya belajar yang anak anak lakukan ternyata tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Sebagai orang tua, Moms & Dads tentu ingin membantu buah hati untuk mendapatkan metode belajar yang tepat. 

Yuk cari tahu, apa saja gaya belajar anak yang bisa diterapkan kepada buah hati. 

  1. Audiotori (Pendengaran) 

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda beda, salah satu cara mengetahui gaya belajar anak ialah dengan memperhatikan kebiasaan. 

Jika anak Anda membaca tulisan dengan suara yang keras atau mengungkapkan isi hatinya melalui tulisan, maka kemungkinan besar gaya belajar yang sesuai ialah Audiotori. 

Gaya belajar ini mengandalkan pendengaran untuk menerima informasi. Anak dengan gaya belajar auditori pada umumnya lebih peka dengan kalimat dan menghafal ucapan yang mereka pernah dengar. 

Jika memiliki gaya belajar ini, Moms & Dads bisa mengajak mereka untuk berdiskusi dan mengulang pelajaran untuk mengingat materi. 

  1. Visual (Penglihatan) 

Gaya belajar selanjutnya ialah visual yakni memiliki kemampuan untuk menyerap informasi dengan cara melihat. Jika anak anak cenderung mengamati pelajaran dan suka membaca, kemungkinan besar gaya belajar mereka ialah visual. 

Anak anak dengan gaya belajar visual sangat menyukai pembelajaran dan praktik langsung. Mereka juga lebih nyaman belajar melalui warna, garis hingga bentuk. 

Anak anak dengan gaya belajar visual cenderung lebih rapi dan teratur. Kendala pada anak dengan gaya belajar ini ialah kesulitan untuk menyalin pelajaran dan memiliki tulisan yang tidak mudah dibaca. 

Untuk memaksimalkan proses belajar, maka Moms & Dads bisa memberikan video pembelajaran yang menarik. Penggunaan spidol warna warni juga mampu menarik perhatian anak untuk belajar. 

  1. Kinestetik

Gaya belajar anak yang terakhir adalah kinestetik yakni anak anak lebih menyukai belajar dengan menggunakan gerakan. Tidak hanya sekedar membaca atau mendengar, mereka akan lebih paham jika mempraktekannya. 

Apakah anak Moms & Dads sering tidak bisa diam ketika sedang belajar? Bisa jadi mereka adalah tipe pelajar dengan gaya kinestetik. 

Mereka akan lebih mudah menghafal sesuatu dengan bergerak. Anak dengan gaya belajar kinestetik cukup aktif bergerak dan termasuk memiliki perkembangan otak yang baik. 

Bantulah anak anak untuk melakukan eksperimen sederhana ketika mendapatkan materi baru. Hal ini akan membuat anak lebih paham dengan apa yang guru sampaikan. 

Bagaimana, apakah Moms & Dads sudah mengetahui kebiasaan belajar dari si kecil? 

Ketahui kebiasaan dan gaya belajar mereka agar Moms & Dads dapat membantu mereka dengan cara yang tepat.

Sumber 

https://www.ruangguru.com/blog/tiga-gaya-belajar

https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/fx-dimas-prasetyo/kenali-macam-gaya-belajar-anak-demi-membantu-kecerdasannya/4

https://regional.kompas.com/read/2008/12/12/16242989/3.gaya.belajar.anak