Moms, Ini Trik Khusus Memilih Bahan MPASI yang Berkualitas

16 October 2021

<a href='https://www.freepik.com/photos/baby'>Baby photo created by freepik - www.freepik.com</a>

Moms, anak membutuhkan asupan ASI agar tumbuh kembangnya baik dan sehat serta mengurangi resiko penyakit di kemudian hari. Oleh karena itu, WHO merekomendasikan agar anak mendapat ASI eksklusif hingga umur 6 bulan.

Setelah melewati umur 6 bulan, selain tetap mengonsumsi ASI, anak dapat Moms cukupi nutrisinya dari makanan pendamping ASI (MPASI). MPASI diberikan seiring pemberian ASI hingga umur 2 tahun atau setelahnya.

Aturan pemberian MPASI

Baiknya, MPASI si kecil dapatkan sejak umur 6 bulan. MPASI tidak boleh si kecil terima sebelum berumur 5 bulan, dan sebaiknya Moms berikan sebelum menginjak umur 7 bulan.

Jika MPASI terlambat si kecil dapatkan, maka ada resiko akan mengalami alergi. Jadi pastikan sesuai jadwal ya, Moms dan Dads!

Selain itu, anak juga tidak boleh minum susu sapi hingga menginjak umur satu tahun. Moms dan Dads juga baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memberikan vitamin bagi si kecil, karena dosis dan waktunya harus sesuai.

Jika Moms dan Dads memberikan ASI dan MPASI sesuai aturan dan rekomendasi, maka akan berdampak baik pada kesehatan jangka panjang si kecil.

Ada 4 hal yang harus Moms dan Dads perhatikan dalam pemberian MPASI:

  1. Tepat waktu

Yakni, diberikan di waktu yang direkomendasikan yakni di umur 6 bulan.

  1. Cukup

Energi, protein, dan mikronutrien harus mencukupi kebutuhan si kecil. Kebutuhan berbeda-beda sesuai dengan beratnya. Oleh karena itu, Moms dan Dads harus selalu berkonsultasi dengan dokter anak, ya.

  1. Aman

Makanan yang si kecil dapatkan harus higienis dan tangan serta alat makan yang Moms gunakan untuk menyuapi pun harus bersih.

  1. Nyaman

Pemberian makanan harus melihat sinyal-sinyal dari si kecil (diberikan ketika mulai lapar dan tidak dipaksa), serta porsinya sesuai. Moms juga harus memberikan makanan sedikit demi sedikit terlebih dahulu, ya. Makanan juga harus lembut dan tidak keras di awal-awal pemberian.

Bahan MPASI terbaik

<a href='https://www.freepik.com/photos/food'>Food photo created by valeria_aksakova - www.freepik.com</a>

Di umur 6 bulan, nutrisi dari ASI hanya mencukupi sekitar 40 persen saja dari kebutuhan gizi sehingga si kecil mulai membutuhkan nutrisi dari makanan. Nutrisi yang paling si kecil butuhkan di antaranya protein, lemak, zat besi, zinc, dan mikronutrien lain.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi ini, si kecil juga tidak akan mendapat nutrisi yang cukup dari diet vegetarian. Sehingga kalaupun Moms dan Dads vegetarian, si kecil harus makan makanan yang lengkap dulu, ya.

Berikut bahan makanan-makanan terbaik sebagai MPASI:

  • Daging sapi

Si kecil membutuhkan asupan zat besi sejak umur 6 bulan, yang bisa Moms dapatkan dari daging. Selain zat besi, daging juga memberi asupan lain yang si kecil butuhkan seperti protein, lemak, magnesium, vitamin B, dan lainnya. Namun pastikan dagingnya lembut dan mudah untuk si kecil kunyah ya, Moms.

  • Daging ayam

Sebagaimana daging sapi, daging ayam juga menyediakan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

  • Ikan

Ikan mengandung protein, vitamin, mineral, dan juga minyak-minyak yang baik untuk kesehatan dan perkembangan si kecil.

  • Telur

Telur disebut sebagai salah satu “superfood” karena kandungannya yang lengkap. Namun Moms dan Dads harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena beberapa anak memiliki alergi telur.

  • Sumber karbohidrat

Moms bisa memberikan sumber karbohidrat dari beras, kentang, talas, singkong, tepung sagu, dan lainnya. Supaya mudah si kecil cerna, sajikan dalam bentuk bubur atau mashed ya.

  • Olahan susu

Anak di bawah 1 tahun tidak direkomendasikan untuk meminum susu sapi. Namun, Moms bisa memberikan asupan kalsium melalui olahan susu seperti keju dan yoghurt.

  • Buah dan Sayur

Si kecil membutuhkan asupan serat agar pencernaannya lancar. Selain itu, vitamin dari buah dan sayur juga sangat baik untuk kesehatannya. Misalnya, vitamin A untuk kesehatan penglihatannya.

  • Kurma

Buah ajaib dari Timur Tengah ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik sekali untuk perkembangan si kecil. Nutrisi dari kurma bisa membantu menjaga kesehatan jantung, perkembangan otak, kesehatan pencernaan, dan banyak manfaat lainnya. Namun pastikan kurmanya Moms tumbuk halus terlebih dahulu ya.

Makanan yang harus si kecil jauhi:

  • Susu sapi (sebelum usia 1 tahun)

  • Teh dan Kopi

Teh dan kopi memiliki kandungan gizi yang sedikit, dan memiliki kandungan yang menghalangi penyerapan zat besi sehingga harus Moms dan Dads hindari.

  • Minuman dengan kandungan gula tinggi

Selain bisa menyebabkan obesitas dan masalah pencernaan, minuman dengan kandungan gula tinggi juga bisa menyebabkan si kecil berkurang seleranya untuk makan makanan lain.

  • Jus

Banyak yang beranggapan bahwa jus adalah minuman sehat karena berasal dari buah dan sayur. Namun, serat pada buah dan sayur hancur ketika dijus. Selain itu, jus juga memiliki kandungan gula tinggi sehingga seharusnya kita jauhi.

Kesimpulan

Di umur 6 bulan, si kecil mulai membutuhkan asupan nutrisi dari sumber lain selain ASI. Nutrisi ini bisa Moms dan Dads berikan melalui MPASI. Makanan MPASI terbaik adalah makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap seperti daging, sayur, buah, olahan susu, dan ikan.

Selain bahan yang baik, bahan MPASI juga harus diberikan sesuai kebutuhan si kecil dan dosis yang sesuai. Untuk mengetahuinya, Moms dan Dads harus berkonsultasi dengan dokter, ya. Karena, kebutuhan tiap anak berbeda-beda.

Moms dan Dads juga harus menjauhi beberapa makanan dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah si kecil alergi dengan makanan atau minuman tertentu.

Begitulah trik memilih bahan MPASI terbaik untuk Moms dan Dads. Ikuti info parenting lainnya di lumba.id dan sehat selalu ya!