Cara Tepat Memilih Mainan Anak Sesuai Usianya

16 October 2021

https://unsplash.com/photos/Cl2DhalcsO0 

Selain berperan sebagai pengisi waktu luang si kecil, mainan juga memiliki manfaat sebagai salah satu media belajar yang cukup efektif jika benar-benar diberikan pada anak tepat sesuai usianya. Memilih mainan anak sesuai usianya juga sangat penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Kenapa bisa begitu?

Akhir-akhir ini variasi mainan anak pun semakin banyak. Nah, kira-kira harus memberikan mainan seperti apa ke anak agar proses belajar sambil bermain menjadi lebih efektif dan aman, ya? 

Menanggapi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips memilih jenis permainan anak sesuai usia. Yuk, simak bersama untuk info selengkapnya.

Tips Memilih Mainan Anak Usia 0-6 Bulan

Mungkin Anda akan berpikir, untuk apa memberikan mainan pada bayi yang bahkan belum bisa merangkak atau jalan? Jangan salah Mom, bayi umur 0-6 bulan umumnya mulai memperhatikan sekelilingnya, misalnya seperti warna atau suara. 

Jenis mainan bayi 0-6 bulan umumnya memiliki suara atau warna yang dapat menarik perhatian si kecil. Bisa juga Anda memberikan mainan yang menstimulasi perkembangannya, salah satunya  seperti gigitan (teether) untuk pertumbuhan gigi.

Tips Pilih Mainan Anak Usia 6-12 Bulan

Di usia-usia ini, anak umumnya mulai penasaran dengan segala hal dan aktif bergerak. Pola pikirnya juga semakin berkembang dan pergerakan tangannya juga mulai kompleks. 

Mainan bayi yang cocok untuk usia ini memiliki tingkat level yang sedikit lebih tinggi dari usia 0-6 bulan. Contohnya seperti menumpuk balok untuk melatih kemampuan motorik, bola karet, atau mainan yang membantu anak belajar berjalan seperti troli kecil dan mobil-mobilan.

Tips Pilih Mainan Anak Usia 1-3 Tahun

Di tahap usia ini, umumnya anak mulai penasaran dengan berbagai cara kerja benda-benda di sekitarnya. Tidak heran jika anak usia ini akan banyak merusak barang. Anda tidak perlu memahaminya, cukup memberikan mainan yang sesuai. Di usia ini, Anda bisa memberi jenis permainan edukatif sesuai tahapan usia belajar. 

Jenis mainan anak usia 1-2 tahun misalnya seperti permainan puzzle sederhana dengan bentuk dan warna menarik guna melatih mata dan berfikir cara menyelesaikan masalah. Anda juga bisa mengajak anak untuk berimajinasi bermain profesi, seperti masak-masakan, polisi-maling, koki, dan masih banyak lagi. 

Tips Pilih Mainan Anak Usia 3-5 tahun

Usia ini umumnya imajinasi anak semakin tinggi. Anda bisa memberikan lilin atau tanah liat yang dapat anak bentuk sesuai keinginan. Selain itu, Anda juga dapat mengajak anak untuk menggambar, melukis, bermain peran dengan kostum, dan masih banyak lagi. 

Penutup

Memberikan mainan kepada anak memang sebaiknya memperhatikan usianya. Sebab, hal ini berpengaruh terhadap efektifnya proses bermain sambil belajar. Tiap-tiap tahap usia memiliki pola pikir yang berbeda dan Anda sebaiknya memahami hal ini. 

Itulah tadi tips memilih mainan anak sesuai usia yang bisa Anda terapkan pada anak sesuai dengan tahap usia tumbuh kembangnya. Belajar tidak harus dengan buku, Anda bisa mengajaknya belajar sambil bermain untuk pengalaman yang menyenangkan.